Profil

Gambaran Singkat

Pusat Unggulan Iptek Perguruan Tinggi (PUI-PT) merupakan lembaga/unit organisasi litbang di perguruan tinggi yang telah melewati sifat utama LPI yaitu telah memiliki karya-karya penelitian bersifat mendasar, proving, pengembangan metode baru, dan bersifat lintas serta multidisipliner yang telah dapat diaplikasikan melalui prototipe dalam skala pilot plan (setelah melalui skala lab), serta mulai diujikan di lebih dari satu kondisi yang berbeda. 

Dalam skala kesiapan teknologi atau pengembangan saintifik berada di level 8. Untuk PUI-PT yang berorientasi pada produk (PUI-PTOP) haruslah telah berada di TRL 8 atau 9, sedangkan PUI-PT yang berorientasi pada sains (PUI-PTOS) telah sekurangnya berada di SRL level 8.

Sifat utama dari PUI-PT selain banyaknya karya ilmiah di jurnal baik berskala nasional maupun internasional yang bereputasi dan telah mengelola jurnal berskala nasional yang spesifik sesuai dengan kepakaran dan keilmuan lembaga secara berkelanjutan, PUI-PT juga harus mengelola simposium/seminar/konferensi dalam bidangnya secara rutin dan terjadwal. Kemudian juga hasil teknologi yang dikembangkan telah didiseminasikan secara luas yang ditunjang oleh sistem tata kelola yang baik, sehingga keterbukaan informasi yang berada di lembaga tersebut dapat diakses dengan mudah dan ter-update dengan informasi-informasi baru.

Latar Belakang

Sejak tahun 2010 Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi telah mengembangkan kegiatan pengembangan Pusat Unggulan Iptek. Pada tahun 2015 kegiatan ini akan diteruskan dan diperluas terutama untuk menghasilkan berbagai produk inovasi. PUI-PT akan diarahkan untuk menguatkan lembaga litbang/pengembang teknologi yang ada di perguruan tinggi (PT), agar mampu mencapai rekognisi ilmiah kelas dunia di bidangnya, serta menghasilkan produk baik ilmu pengetahuan, teknologi, maupun produk inovasi yang berbasis demand driven dalam rangka mendukung peningkatan daya saing pengguna sains dan teknologi (dunia usaha, Industri Kecil dan Menengah (IKM), pemerintah, dan masyarakat) sesuai potensi ekonomi daerah dan tema/isu strategis dalam delapan bidang fokus pembangunan iptek.

Pengembangan PUI-PT juga relevan dengan Arah Kebijakan dan Strategi Pembangunan di Bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang tertuang dalam RPJMN 2015-2019. Selama 3 tahun pembinaan, lembaga litbang yang dikembangkan sebagai Pusat Unggulan Iptek telah memberikan dampak positif yang cukup signifikan terhadap capaian indikator output yang telah ditetapkan sebagai Pusat Unggulan Iptek. Capaian output tersebut berupa academic excellence dan komersialisasi serta pemanfaatan hasil litbang.

Capaian ini menunjukkan bahwa kegiatan pengembangan Pusat Unggulan Iptek telah memberikan peranan yang cukup signifikan dalam upaya peningkatan pengembangan, penguasaan, dan pemanfaatan iptek serta menghasilkan produk inovasi. Kegiatan Pengembangan Pusat Unggulan Iptek diharapkan akan menghasilkan lembaga litbang yang unggul dari sisi penguasaan iptek karena sesuai dengan tugas dan fungsi lembaga. Namun, di sisi lain akan dihasilkan juga lembaga litbang yang unggul dari sisi inovasi karena tugas dan fungsi lembaga memungkinkan untuk mencapai hal yang dimaksud. Dengan demikian, kegiatan ini akan menghasilkan lembaga litbang dengan predikat Pusat Unggulan Iptek Perguruan Tinggi.

Tujuan

Tujuan dikembangkannya Pusat Unggulan Iptek Perguruan Tinggi (selanjutnya disebut PUI-PT) adalah untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas lembaga litbang perguruan tinggi agar menjadi lembaga litbang unggul bertaraf internasional dalam bidang yang spesifik. Upaya ini diharapkan dapat mendorong terjadinya peningkatan relevansi dan produktivitas serta pendayagunaan iptek dalam sektor produksi untuk meningkatkan daya saing sektor produksi baik barang dan jasa maupun pemanfaatan sumber daya alam yang berkelanjutan. Pada akhirnya, upaya tersebut berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.